Edukasi Kesehatan

Pentingnya edukasi pendidikan yang sering banyak diabaikan orang-orang sering kali banyak kita temui, mereka lebih banyak menerapkan sistem pola hidup yang asal-asalan ketimbang memperhatikan pola hidup yang sehat. Banyak orang yang hanya memperhatikan hanya masalah edukasi pendidikan tanpa memikirkan tentang kepentingan dasar tentang hidup. Tujuan pendidikan kesehatan sebenarnya agar manusia memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan fisik, mental, dan social, dan dari semua hal tersebut yang paling terpernting adalah menjadi manusia yang produktif secara ekonomi dan social.

Faktor Politik

Dalam menanggapi munculnya dampak manusia yang kurang terlalu memperhatikan masalah edukasi pendidikan adalah dikarenakan oleh Politik yang sedang diterapkan dari Negara tempat tersebut. Politik bisa juga sangat mempengaruhi manusia yang ada di Negara tersebut menjadi sangat tidak perduli terhadap kesehatan tubuh mereka. Para ahli banyak yang merekomendasikan bahwa intervensi tentang faktor social dan perilaku yang terkait dengan kesehatan harus menghubungkan berbagai tingkat pengaruh seperti halnya tingkat individu, interpersonal, kelembagaan, dan juga komunitas yang ada. Sehingga dengan adanya hal tersebut definisi pendidikan tentang ke.sehatan dan promosi kesehatan dapat dikenali dan dibahas secara terkait dan tumpang tindih.

Beberapa Definisi Para Ahli

  • Griffiths (1972)

Mengatakan bahwa pendidikan kesehatan berupaya untuk menutup kesenjangan antara apa yang diketahui mengenai praktik kesehatan optimal dan apa yang sebenarnya dipraktikan.

  • Simonds (1976)

Pendidikan kesehatan diktunjukan guna mengubah prilaku individu, kelompok, dan populasi yang lebih besar dari prilaku yang dianggap merugikan kesehatan terhadap prilaku yang konduktif untuk berdampak bagus untuk kedepannya.

  • Green (1980)

Pendidikan tentang kesehatan sangat berguna bagi mengkombinasikan tentang belajar yang dirancang untuk memfasilitasi adaptasi sukarela terhadap prilaku yang kondusif bagi kesehatan.

  • Satuan Tugas Nasional

Proses membantu individu, bertindak secara terpisah atau kolektif, untuk mengambil keputusan mengenai hal-hal yang mempengaruhi kesehatan pribadi dan masalah kesehatan banyak orang.

Dari banyaknya pendapat yang menyampaikan tentang devinisi pendidikan kesehatan yang disampaikan banyak para ahli, namun semuanya itu kembali lagi kepada diri sendiri yang menjadikan bagaimana prntingnya kesehatan yang tubuh yang kita miliki. Dengan memiliki kesehatan yang sangat bagus, nantinya akan memperngaruhi kesehatan ekonomi, social yang dimiliki.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *