Perancis adalah salah satu negara di Eropa yang terkenal dengan simbol negeri nya yaitu Menara Eiffel. Di Prancis terdapat satu kota terkenal, ialah Paris. Paris juga dikenal dengan kota romantis. Pasalnya banyakpasangan yang melakukan hal romantis disana, bahkan Paris dijadikan sebagai kota favorit untuk bulan madu. Nah di samping prancis adalah negara paling sering dan yang paling di jadikan orang untuk di kunjungi dari sektor pesona dan wisatanya, ternyata prancis juga memiliki sektor pendidikan yang di akui dunia. Ya, siapa sih yang tidak mau mengenyam pendidikan di Prancis? Semua orang tentu memimpikannya. Termasuk kamu, iya kan? Hihihi. Prancis memiliki universitas terbaik, diantara nya Université de Strasbourg/University of Strasbourg, Universite de Lorraine, University of Bordeaux, ENS de Lyon, University of Nice-Sophia Antipolis, dan University of Caen Normandy. Nah sekarang kita akan membahas, tentang kenapa sih harus kuliah di prancis? Apa kelebihan serta keistimewaanya?

Ya, mungkin sebagian dari kalian sudah mendengar bahwa karakter orang asli prancis itu dingin atau arogan. Mereka adalah seorang yang individualisme. Maksud individualisme ini bukan sesuatu yang berartikan negatif seperti egois dan mau menang sendiri, tetapi maksudnya disini adlah orang prancis cenderung memperjuangkan apa saja untuk mereka sendiri dalam artian positif,lalu fokus terhadap tujuan dan tanggung jawab diri sendiri. Nah tenang dulu, disana jika kita ramah, kita akan di hargai dan tidak akan di perlakukan dengan beda. Di samping ini semua, kita tidak perlu takut untuk mengenyam pendidikan di prancis, karena banyak pelajar internasional yang datang ke prancis untuk mengenyam pendidikan pula.

Di lansir dari hotcourses, adalah :

1. Reputasi Akademik

Masyarakat Perancis sangat mementingkan pendidikan tinggi dan berinvestasi banyak dalam penelitian, sehingga universitas di Perancis secara konsisten masuk dalam peringkat universitas dunia. Peringkat QS World University Rankings menempatkan 41 universitas Perancis dan dua institusi top Perancis yaitu, Ecole Normale Supérieure, Paris dan Ecole Polytechnique ParisTech yang terkenal di dunia, masing-masing di peringkat 23 dan 40. Fakultas bisnis Perancis khususnya mendapatkan reputasi dunia untuk kualitas pendidikan dan hasil kompetitif. Institusi Perancis juga dipandang tinggi dalam bidang sastra dan seni.

2. Budaya yang kaya

Hidup di Perancis berarti bisa berbaur dalam budaya Perancis, baik itu mencicipi macaron di tepi jalan di Lille, menjelajahi literatur Perancis  klasik di toko buku di Paris, atau mencicipi anggur di French Riviera. Yang unik dari Perancis adalah budaya tradisional dan kontemporer berdiri berdampingan. Mahasiswa bisa saja menghabiskan Sabtu sore di galeri seni dan malamnya nonton konser langsung. Menyukai Daft Punk dan David Guetta, atau penggemar musisi terkenal seperti Chopin, Perancis menyediakan semuanya. Tidak akan ada keseulitan untuk menemukan sesuatu yang cocok dengan seleramu, termasuk kesempatan untuk mencoba masakan Perancis yang terkenal. Di Paris sendiri terdapat lebih dari 70 restoran berbintang Michelin.

3. Fasih berbahasa Perancis

Siapa yang tidak ingin fasih berbahasa Perancis, bahasa yang romantis, diplomatik dan berkelas? Walaupun kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris, tinggal dan kuliah di Perancis adalah kesempatan terbaik untuk mempertajam keahlian berbahasa Perancis. Banyak orang berpendapat seseorang hanya bisa mempelajari suatu bahasa dengan baik jika tinggal di negara yang menggunakannya, dimana kita harus menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memesan makanan, mendengarkan radio, menonton televisi dan film Perancis, serta berkomunikasi dengan teman-teman dalam bahasa Perancis. Setelah menguasai tata bahasanya, fasih berbahasa Perancis tidak menjadi soal. Menguasai bahasa Perancis memberikan kepuasan tersendiri, dan setelah kembali ke negara asal dapat membuat keluarga dan tema, bahkan bos merasa takjub!

4. Pendidikan terjangkau

Banyak yang tercengang begitu mengetahui biaya pendidikan tinggi di Perancis ternyata termasuk murah dibandingkan tujuan kuliah populer lain seperti Inggris dan Amerika. Jika berasal dari Uni Eropa, mahasiswa tidak diwajibkan untuk membayar biaya pendidkan lebih tinggi dari mahasiswa Perancis. Pendanaan dan bantuan juga tersedia, dan Kementerian Luar Negeri Perancis dan Hubungan Eropa mengalokasikan sejumlah besar bantuan bagi mahasiswa internasional. Walau demikian, biaya hidup cukup tinggi, terutama di kota seperti Paris dimana makanan dan akomodasi juga lebih mahal.

5. Paris

Walau hidup di Paris itu mahal, Paris adalah salah satu kota terbaik di dunia! seperti yang disebutkan di atas, Paris memiliki 70 restoran Michelin. Bukan saja tempat-tempat kelas atas yang menjadikan Paris kota terbaik di dunia. Kamu bisa memulai hari dengan memesan sarapan Parisienne yang lezat dengan pastri yang menggoda lidah Anda. Jika merasa lapar di sore hari, kunjungi creperie (menjual pancake Perancis) yang bisa Anda temukan banyak di jalan. Tidak ingin makan malam? Kunjungi fromagerie atau epicerie dimana tersedia makanan, seni, barang antik dan hadiah menarik untuk teman dan keluarga Anda di rumah. Gunakan sepeda untuk berkunjung. Ini adalah metode transportasi yang sangat baik untuk menjelajahi kota.

Jadi kamu tidak akan kan melewatkan pendidikan di prancis sembari menikmat negeri romantisnya? Hihihi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *