Ternyata, dari sekian banyak program pemerintah di bidang pendidikan rupa nya belum tersampaikan secara merata kepada anak – anak bangsa di seluruh penjuru daerah Indonesia. Masih banyak anak yang terlantar bahkan banyak anak yang lebih memilih mengemis dan mengamen demi mendapatkan uang untuk mendapatkan sesuap nasi.

Masih banyak orang tua yang mengharapkan anaknya  bisa mengenyam pendidikan layak. Semua ini dikarenakan keterbelakangan ekonomi yang membuat sulitnya untuk menyekolahkan anak. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan program khusus di bidang pendidikan untuk anak yang kurang mampu, seperti kebanyakan anak – anak yang tinggal di daerah yang kurang terjamah. Tetapi sebenarnya masih banyak keluarga di kota besar pun yang kurang mampu untuk menyekolahkan anak –  anak nya.

Program pemerintah ini bisa dibilang belum berhasil menyentuh anak anak yang butuh bantuan biaya pendidikan, karena mungkin prosesnya yang bisa di bilang panjang dan kurang simpel sehingga banyak orang tua kebingunan bagaimana cara nya untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, tetapi sebenarnya dalam program itu sudah disertakan bagaimana rules atau petunjuk untuk mendapatkannya.

Disamping itu selain prosesnya yang tidak sederhana, program bantuan pendidikan dari pemerintah ini pun hampir tidak sampai secara serentak ke semua daerah yang di rasa membutuhkan bantuan, karena mungkin bisa jadi ter sendat di tengah jalan, dan yang paling bahaya nya adalah ada saja uang untuk anggaran bantuan pendidikan dari pemerintah itu di korupsi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pada faktanya, banyak keluarga yang tidak bisa sama sekali menyekolahkan anaknya.

Lalu banyak anak Indonesia yang putus sekolah karena lebih memilih mencari pundi-pundi uang untuk menghidupi keluarga, banyak anak di bawah umur yang seharusnya mengenyam pendidikan tetapi malah mencari uang yang seharusnya belum waktunya. Karena pekerjaan yang mereka kerjakan bukan pekerjaan yang mudah dan ringan, pekerjaan yang mereka lakukan adalah pekerjaan yang sangat berat lalu mereka di bayar kadang tidak setara dengan keringat yang mereka keluarkan.

Tragis memang, negara berkembang dengan cita-cita ingin menjadi negara maju tetapi anak bangsa nya sendiri masih tertatih – tatih untuk mengenyam pendidikan. Karena pendidikan adalah satu-satunya pijakan awal untuk meraih kesuksesan dan menjadi manusia yang bermoral.

Ki Hajar Dewantara, adalah seorang tokoh penting dalam dunia pendidikan Indonesia . beliau pernah mengatakan “Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya.” Yang intinya pendidikan membentuk karakter seseorang, membentuk budi pekerti sehingga bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab, manusia yang beretika dan manusia yang merdeka .

Ini adalah tahun 2020, di mana anak-anak muda semakin kreatif dan inovatif tapi tidak meninggalkan pendidikan. Semoga negara ini bisa diselamatkan oleh generasi penerus bangsa yang akan mengubah Indonesia menjadi lebih baik, karena pendidikan bisa membentuk orang menjadi pribadi yang jujur dan cerdas, karena pintar saja pun di rasa tidak cukup.

 Karena dikutip dari pernyataan tokoh dunia, Nelson Mandela yaitu “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.”. So, intinya adalah pendidikan adalah hal terpenting dalam hidup kita, semangat belajar untuk meraih masa depan yang gemilang, demi membanggakan nusa dan bangsa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *