Pendidikan sudah menjadi bagian terpenting dalam suatu kehidupan manusia. Entah pada tingkatan apa, tetapi pada hakikatnya pendidikan adalah hal harus di nomor satu kan. Di Indonesia, terdapat sekolah – sekolah dan universitas terbaik dengan berbagai macam jenisnya. Seperti universitas terbaik di Indonesia di mulai dari Universitas Gadjah Mada atau UGM, UI, ITB, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya,UNPAR,Pelita Harapan,Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Islam Indonesia dan masih banyak lainnya. Semua universitas yang di sebut adalah universitas yang terbaik di Indonesia mau itu perguruan tinggi swasta (PTS) ataupun perguruan tinggi negeri (PTN).

Banyak calon mahasiswa yang bercita-cita untuk kuliah di luar negeri, bukan karena tidak ada universitas yang memadai di dalam negeri, akan tetapi kebanyakan dari mereka untuk mengeksplor diri dan mencoba hal yang benar – benar baru untuk nya.

Beberapa alasan mereka ingin studi di luar negeri adalah pengalaman hidup di negara asing membuat kita lebih fleksibel, lebih mandiri, berpengathuan lebih luas,mengenal orang dan budaya baru, untuk kepentingan kualitas prospek kerja,dan lebih menantang llau akan lebih mudah mengatasi berbagai kejutan – kejutan dalam hidup dan bisa memperluas relasi pertemanan dari banyak negara.

Pertama – tama , kamu harus mencari tahu berbagai informasi penting mengenai “how to” kuliah di luar negeri, banyak yang bisa kamu cari melalui media cetak,atau pun mesin pencarian online. Misalnya, kamu banyak membuka blog atau website tentang cerita orang – orang di luar sana yang sudah pernah berkuliah di luar negeri, kamu bisa mendapat gambaran kehidupan disana, bisa mengetahu apa saja yang harus kamu lakukan dan yang paling penting adalah mengetahui berbagai pengalaman mereka yang bersekolah di luar negeri.

Lalu, kamu harus memilih negara tujuan untuk kamu kuliah sobat, bagaimana tidak? Karena kamu pastinya sudah menyiapkan negara mana yang akan kamu tuju, negara mana yang akan kamu jadikan sebagai tempat kamu berkuliah. Misalnya, kamu akanberkuliah di Belanda, nah kamu harus mengetahui universitas apa saja yang ada disana,di Belanda banyak pula universitas-universitas bagus mulai dari PTS atau PTN.

Lalu kamu harus mengetahui bagaimana kehidupan disana,banyak  faktor kebiasaan, geografis, budaya, dan masyarakatnya yang harus bisa kita sesuaikan. Dan ini juga penting, yaitu berapa biaya hidupnya. Kamu harus selalu ingat, kalau kamu harus menyesuaikan budget dengan kurs mata uang di setiap negara ya!

Memilih jurusan. Ketika kamu akan berkuliah, tentunya kamu sudah tahu dong akan kuliah di jurusan apa? Pastikan universitas yang kamu pilih, ada jurusan yang kamu ingini ya! Karena ktidak akan baik jika kamu berkuliah tetapi tidak sesuai jurusan yang kamu ingini, tidak sesuai dengan passion kamu. So, kamu harus mulai dari sekrang untuk memilah-milah jurusan yang akan kamu jalani kedepannya.

Setelah itu, setelah kamu sudah menentukan universitas mana di negara mana dan jurusan yang sudha kamu putuskan, sekarang saatnya kamu mendaftar ke universitas yang kamu ingini, dankamu harus melakukan riset biaya di universitas tersebut, pastikan sesuai degan budget  yang kamu punya ya sobat agar semuanya berjalan lancar.

Dan jika semua urusan diatas telah selesai, sekarang waktunya kamu mempersiapkan apa saja yang harus kamu bawa untuk menetap di negara orang. Mulai dari packing pakaian, buku-buku dan lain-lainnya. Semangat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *