Afrika selatan merupakan negara yang belum begitu maju, masih bisa di bilang negara yang sedang berkembang, mengapa demikian karna faktor ekonomi  negara nya yang masih jauh dari kata stabil dan salah satunya adalah tentang sistem pendidikan disana. Di afrika masih banyak anak yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolah bahkan untuk sekolah pun masih banyak anak yang tidak mampu. Menagapa begitu, karena terputusnya tali rantai ekonomi yang seimbang dan juga tidak adanya kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Dalam sistem pendidikan apartheid, disini di pisahkan berdasarkan warna kulit, yaitu kulit putih, kulit sawo matang dan juga kulit hitam. Sistem sekolah yang ada di afrika selatan di bagi menjadi 2 bagian, yaitu yang pertama adalah pendidikan sekolah formal, pendidikan ini di lalui oleh lembaga  persekolahan yang seperti pada umum nya, yaitu terdapat sekolah negeri dan juga sekolah swasta. Yang kedua adalah pendidikan yang di lalui oleh suatu sistem pelatihan, pendidikan ini di lalui oleh kegiatan pelatihan. Di kedua sistem pendidikan yang tadi di sebutkan, dua – duanya di lalui dalam 3 tingkatan yaitu general education and training, yang kedua adalah further education and training dan yang ketiga adalah higher education and training.

Lalu dalam sistem pendidikan ada beberapa fase, diantaranya yaitu :

Fase pada tingkatan dasar : belajar selama 3 tahun dan memiliki 3 aktifitas belajar

Fase pada tingkatan lanjutan : belajar selama 3 tahun yang dalam nya berisi ajaran kewarganegaraan yang memiliki bagian dari budaya, arah kehidupan dan ilmu – ilmu sosial.

Fase pada tingkatan senior : belajar tentang arah kehidupan, ilmu sosial . di lalui pada kelas 7 hingga kelas 9.

Apakah kalian tahu meskipun banyak yang beranggapan bahwa pendidikan di afrika tidak maju, tetapi pada faktanya dalam tingkatan pendidikan yang lebih tinggi , afrika selatan sudah banyak mencapai garis kemajuan dalam bidang pendidikan, faktanya afrika selatan telah banyak mengembangkan univeristas – universitas di negara nya, untuk menciptakan lulusan yang memiliki daya saing, dan intregitas yang baik serta modern. Universitas di afrika selatan juga mencetuskan peran untuk mengembangkan negara , meminimalisir angka kemiskinan, menumbuhkan inovasi yang bervariatif, menciptakan lulusan yang bisa membuat banyak lapangan pekerjaan,.

Banyak mahasiswa di afrika selatan yang mengenyam pendidikan pada universitas negeri, dan untuk kamu ketahui bahwa jika kamu ingin belajar tentang sebuah negar yang berkembang, maka afsel lah tempat yang cocok untuk kamu . dan tahu kah kamu bahwa biaya di universitas afrika selatan terbilang cukup rendah di bandingkan dengan universitas di negara lain. Universitas di afrika selatan lahir untuk menciptakan manusia yang bisa merubah afrika selatan itu sendiri ke dalam aspek yang lebih baik, mengapa demikian karena afrika selatan sejatinya butuh seseorang seperti nelson mandela yang memiliki peran penting pada dunia, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk menjadikan anak – anak afrika selatan menjadi penerus nelson mandela selanjutnya. Mau kah kamu tahu apa saja universitas – universitas yang terdapat di afrika selatan ? Yuk mari !

1.Universitas Cape Town

2.Universitas Witwatersrand

3.Universitas Stellenbosch

4.Universitas IIE MSA

5.Universitas Stenden Afrika Selatan

6.Universitas Afrika Selatan

7.Universitas NWU

8.Universitas Western Cape

9.Universitas Rhodes

10.Universitas KwaZUlu Natal

11.Universitas Johannesburg

12.Universitas Pretoria

13.Universitas Witwatersrand

Jadi begitu lah sistem pendidikan di afrika selatan, semoga membantu untuk informasi mu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *