Siapa yang tidak ingin menuntut ilmu hingga sampai negeri kangguru ini ?? pasti kalian semua memiliki cita –cita untuk mengenyam pendidikan disini kan. Australia terkenal dengan banyak institusi yang terbaik di dunia. Nah sebelum kamu mengetahui bagaimana sistem studi di Australia, ada baiknya kamu mengetahui ini dulu yaaa . Di Australia memiliki 3 sektor sistem pendidikan yaitu :

  • Hingga usia 12 tahun : Primary education atau Pendidikan dasar yang dimulai dari kindergarten atau Taman kanak kanak
  • Dari usia 13 tahun sampai dengan usia 17 tahun : Secondary education atau Pendidikan menengah
  • Ada 2 jenis Tertiary education atau Pendidikan lanjutan, yaitu :
  • Pendidikan kejuruan atau dikenal dengan VET (Vocational Education and Training)
  • Universitas atau Higher education sector

Nah sekarang kita ulas deh satu per satu fakta fakta yang ada pada sistem pendidikan di Australia, yuk!

WAJIB BERSEKOLAH

Apa kalian tahu bahwa di Australia merupakan negara yang mewajibkan setiap anak untuk bersekolah, bahkan jika ada yang ketahuan tidak bersekolah, orang tuanya akan terkena sanksi dari pemerintah. Wah keren ya ! Jika di bandingkan dengan sistem pendidikan di tanah air mungkin sedikit berbeda karena disini masih banyak yang memilih tidak sekolah karena terkait dengan biaya, lebih dari itu ada juga yang memilih tidak  melanjutkan sekolah karna sudah mendapat pekerjaan duluan. Jadi, tidak mengherankan bahwa orang – orang australia ada notabene nya berpendidikan, salut!

TIPE SEKOLAH

Sama saja dengan di indonesia, tipe sekolah di australia yaitu ada yang negeri dan ada juga yang swasta. Sama juga halnya seperti di Indonesia bahwa kebanyakan siswa, memang lebih memilih sekolah negeri. Nah pada sekolah swasta, di bagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu sekolah yang berbasis biasa dan sekolah yang berbasis dengan agama. Agama yang di maksud adalah protestan, islam dan katolik.

BEASISWA

Siapa sih yang tidak ingin mendapat beasiswa untuk tingkat universitas ? Karena pada dasarnya, biaya kuliah itu mahal kan ya,  nah jika mendapatkan beasiswa, kamu akan lebih mudah menjalani kuliah mu , benar kan? Di universitas australia terdapat banyak selagi beasiswa – beasiswa yang ada , diantaranya adalah :

  1. Australia Award yang adalah beasiswa yang biayanya langsung dari pemerintah
  2. Monash International Merit Scholarships yang adalah beasiswa yang berasal dari monash university untuk mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan tingkat sarjana dan magister.
  3. Melbourne International Research yang adalah beasiswa yang berasal dari melbourne university, beasiswa ini di berikan kepada kamu yang akan mengenyam tingkat master. Beasiswa ini sudah meliputi biaya hidup , asuransi dan lain – lain
  4. Beasiswa Pemimpin Global Indonesia adalah beasiswa yang berasal dari queensland university, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester pertama dengan jurusan bisnis ekonomi dan hukum
  5. Beasiswa Masyarakat Global Universitas Adelaide adalah beasiswa yang di peruntukan bagi mahasiswa untuk progrm sarjana dan magister dengan potongan biaya kuliah sebesar 15 – 30%

SUASANA BELAJAR YANG NYAMAN

Tahukah kamu bahwa suasana yang terdapat di australia ketika belajar terasa lebih nyaman dan kondusif, mengapa demikian, karena banyaknya siswa dalam kelas tidak lebih dari sekitar 20 orang, di tambah dengan fasilitas – fasilitas yang lengkap dan memadai, jadi bisa kebayang kan bagaimana rasanya ada di kelas sekolah di australia ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *