Haloo semua! Kali ini kita akan bahas tentang sesuatu yang menarik ! Apakah itu ? Ya, kali ini kami akan membahas tentang sistem pendidikan di negara Finlandia. Pasti untuk kamu yang memang gemar dengan pendidikan, atau sebenarnya fakta  ini memang sudah cukup umum dalam dunia pendidikan, mengapa seperti itu ? Karena, memang Finlandia terkenal dengan sistem pendidikan yang  menjadi terbaik seluruh dunia, Finlandia sendiri memiliki sistem pendidikan yang memang berbeda dari sistem pendidikan di negara – negara lain. Kira –kira apa saja sih fakta – fakta yang ada ? Mari kita ulas satu per satu.

Fakta Pendidikan di Finlandia

PERSAINGAN TAK PENTING!

Whaattt ?? persaingan tidak penting  ?? Lho kok bisa sihh ? Ya bisa dong !! Kalian pasti beranggapan kalo persaingan itu adalah suatu hal yang mendorong kita untuk memenangkan “sesuatu” iya kan ? memang tidak salah sih, tapi di negara Finlandia, persaingan dalam dunia pendidikan itu tidak penting lho, karena  negara tersebut beranggapan bahwa persaingan dalam pendidikan tidak membawa siswa mencapai kesuksesan, lalu alasan lainnya di finlandia kita tak akan menemukan sekolah swasta lho ! Setiap sekolah atau institusi di finlandia, di biayai oleh publik atau pemerintah keseluruhannya. Wah enak banget yaa kalo sekolah disana, bener nggak ??? Kita tidak perlu mengeluarkan pundi –pundi yang banyak , selain itu uang nya bisa kita simpan untuk di gunakan pada kebutuhan lainnya !

POFESI GURU ADALAH PROFESI YANG SANGAT DI HORMATI!

Maggie Gallagher pernah berkata bahwa Dari semua pekerjaan berat, salah satu yang paling sulit adalah menjadi guru yang baik. Memang benar apa yang di katakan oleh beliau, karena guru adalahpekerjaan yang sangat mulia, kita bisa maju dan bisa memiliki ilmu adalah karena guru kita yang selalu mengajari kita di kelas. Nah akan tetapi, kian hari profesi guru di tanah air semakin minim, maksudnya guru di indonesia memiliki kesulitan, misalnya tentang gaji yang kecil dan banyak siswa yang kurang ajar terhadap gurunya, kalian pernah mendengar berita itu kan ? Nah beda hal nya dengan finlandia yang meposisikan profesi guru adalah profesi yang terhormat, seorang guru di negara ini di gaji sangat tinggi bahkan lebih tinggi daripada gaji di negara paman sam amerika serikat. Nah untuk menjadi seorang guru, , bila di tanah air adalah minimal sarjana, akan tetapi di finlandia tingkatan akademiknya minimal magister dan harys menyelesaikan pendidikan profesi lho! Alhasil, guru disana bisa diandalkan dan menjadi teaga pengajar yang professional.

PEKERJAAN RUMAH YANG BEGITU SEDIKIT

Kamu tipikal orang yang senang mengerjakan pekerjaan rumah atau tidak ? Jika tidak, berarti kamu cocok nih untuk menuntut ilmu di finlandia hahahah ! Whyy ? For your information , di finlandia kamu tidak akan banyak mengerjakan pekerjaan rumah loh, karena di finlandia memiliki filosofi yang menyebutkan bahwa semua ini berasal dari kepercayaan pihak sekolah dengan orang tua, para orang tua mengasumsikan bahwa guru – guru ttelah banyak dan cukup memberikan asupan pembelajaran kepada siswa , dengan begitu sisa waktu yang ada selain bersekolah, para siswa juga bisa menghabiskan waktu dengan bermain, berkumpul dengan keluarga dan melakukan hal lainnya.

Nah itu lah hal – hal yang menjadi beberapa fakta pendidikan finlandia sangat spesial dan menjauhkan anak – anak dari rasa tertekan atau stress. Kira – kira bila hal ini di terapkan di Indonesia, akan gimana ya ceritanya ? Hehehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *