Sebagian besar orang tentunya ingin melanjutkan studi ke luar negeri, namun banyak hal yang di fikirkan dan mungkin hal itu juga yang menghalangi kita untuk bisa kuliah di luar neger. Memang kuliah di luar negeri, terlebih di Eropa merogoh kocek yang tidak sedikit, akan tetapi kamu bisa meminimalisir biaya dengan beasiswa. Baik beasiswa kuliah tetapi ada juga beasiswa yang menanggung biaya hidup kamu juga loh.

Karena pada hakikatnya, melanjutkan studi di luar negeri akan membuat peluang kerja mu akan semakin terbuka lebar. Nah jika kamu berminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu info – info tentang bagaimana kuliah di luar negeri. Artikel kali ini akan membahas tentang kuliah di Jerman, simak yuk :

Persyaratan yang harus kamu penuhi untuk kuliah di Jerman

Visa

Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan  . Nah untuk kamu yang akan berkuliah di Jerman, sebaiknya kamu memohon visa pada kedutaan Jerman untuk Indonesia yang beada di Jakarta ya, agar kamu di permudah.

Berikut adalah dokumen yang mesti kamu siapkan juga seperti Paspor mu , bukti ketersediaan dana untuk biaya hidup, konfirmasi pertanggungan asuransi, konfirmasi pendaftaran dari universitas, dan konfirmasi penerimaan dari universitas. Terdapat dua jenis visa pelajar Jerman: Jika mendaftar untuk program pendek, maka pelajar membutuhkan Visa Schengen, yang diterbitkan dengan durasi maksimum tiga bulan setiap enam bulan. Untuk program kuliah jangka panjang, seperti Master atau PhD, pelajar akan membutuhkan Visa Nasional.

Jaminan biaya hidup

Di Jerman kamu harus memberi pembuktian bahwa kamu di jamin kehidupannya selama disana secara finansial. Rata – rata para calon pelajar yang akan terbang ke jerman untuk kuliah harus mengantongi sekitar 800 Euro atau sekitar 13 juta rupiah dalam rekening bank nya. Hal itu demi membuat kamu merasa tenang dan terjamin tidak akan kekurangan dan yang lebih penting kamu bisa bertahan hidup disana.

Kemampuan berbahasa Jerman

Di jerman tentunya kamu akan banayak berinteraksi dengan warga dan kawan – kawan mu . meskipun ada yang berbahasa internasional alias berbahasa inggris, kamu juga perlu banget untuk bisa berbahasa jerman. Karena kamu tidak akan selama nya menggunakan bahsa inggris disana, bahasa jerman juga hal yang menarik loh untuk bisa kamu pelajari, so kamu tidak perlu khawatir, asalkan kamu happy dan enjoy untuk mempelajarinya, karna demi diri kamu sendiri !

Sertifikat kualifikasi masuk kuliah di jerman

Untuk kamu yang akan berkuliah di negara ini, kamu harus mendapatkan kualifikasi sertiikasi penerimaan universitas, disini sebelumnya kamu akan di cek atas nilai – nilai mu dan menyesuaikannya dengan sistem penilaian di Jerman.

Jangan lupa dengan deadline pendaftaran

Percuma jika kamu mendaftar tapi pada tanggal yang sudah lewat, kamu harus banyak re – check  ya manakala nama mu sudah terdaftar atau tidak. Pasalnya, jika semua itu telat dari tanggal yang sudah di tentukan, sama saja bohong alias nihil alias gagal deh kamu untuk berkuliah di universitas impian kamu di Jerman. Makannya sering – – sering update tentang administratif nya ya!

Test bakat dan kecerdasan

Dilansir dari laman ,kamu harus menyerahkan Test for Foreign Students atau TestAS, kamu bisa menilai diri sendiri secara realistis tentang apakah kamu akan bisa menyelesaikan program/jurusan yang kamu ambil dengan sukses. Tes ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

Tes bahasa “onScreen”

The Core Test

“Subject-specific test modules” (modul tes subyek tertentu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *