Siapa yang tidak mau mengenyam pendidikan di negeri Ratu Elizabeth alias Inggris ini? Tentunya kamu mau dong. Menagapa inggris? Karena kualitas dan standar pendidikan tinggi di Inggris terkenal di seluruh dunia. Lalu Inggris juga sebagai salah satu pusat sejarah, kesenian dan kebudayaan. Dan juga bisa kerja part time dengan gaji yang cukup besar. Jadi apa yang kamu tunggu lagi? Bingung untuk memilih mau masuk universitas mana? Jangan kuatir, artikel kali ini akan membahas tentang beberapa universitas terbaik di Inggris, yaitu :

Universitas Oxford

Universitas Oxford adalah salah satu universitas paling bergengsi di Inggris dan di dunia. Sebagai salah satu universitas tertua, University of Oxford telah membuktikan kualitas melalui sejarah yang panjang dalam pendidikan kiprahnya di berbagai bidang. Hal menarik dari pendidikan di University of Oxford adalah adanya program gelar di tingkat sarjana yang merupakan gabungan dua buah bidang seperti Filsafat, Ekonomi dan Politik. Universitas ini telah berdiri sejak abad ke – 11,Universitas Oxford telah melahirkan berbagai alumni terkemuka, termasuk 58 penerima hadiah Nobel. University of Oxford juga memiliki perpustakaan yang merupakan perpustakaan terbesar di Inggris. Beberapa ini adalah nama alumni terkenal dari Oxford, diantaranya Maudy Ayunda, Stephen Hawking, Rachel Maddows,Emma Watson,Charlotte Hope dan David Cameron.

Universitas Cambridge

Selain dengan kualitas edukasi nya yang baik, gaya arsitektur nya yang khas dan menuansa sejarah sekali membuat Universitas Cambridge menjadi salah satu universitas terfavorit di Inggris bahkan di dunia. Universitas ini telah berdiri sejak abad ke-13 dengan dengan 31 college dan 100 departemen akademik. Selama itu, University of Cambridge selalu tampil sebagai universitas terbaik di Inggris. Universitas Cambridge sangat menonjol di bidang matematika. Alumni dari universitas ini adalah Isaac Newton, Emma Thompson,Rosalind Franklin dan Helena Bonham Carter.

Universitas Manchester

Universitas Manchester memiliki beberapa aset budaya besar di Inggris, antara lain Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory. Universitas Manchester merupakan universitas publik berbasis penelitian yang didirikan di kota Manchester, Inggris. Universitas ini didirikan atau diperbaharui di tahun 2004 dengan menggabungkan beberapa institute penelitian seperti Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester serta Universitas Victoria di Manchester. Namun, sebenarnya University of Manchester sudah berdiri sejak 1824. Alumni disini adalah Vidi Aldiano.

Imperial College London

Imperial College London merupakan salah satu institusi yang juga secara konsisten menempati peringkat terbaik di dunia dalam sains, teknologi, teknik, kedokteran dan bisnis. Institusi yang berdiri di awal abad 20 ini dikenal dengan keberagaman siswanya yang berasal dari 125 kewarganegaraan. Alumni nya adalah Rajiv Gandhi dan Brian May.

University College London (UCL)

UCL adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Universitas ini adalah institusi pascasarjana terbesar di Inggris.Didirikan pada tahun 1826 sebagai ‘Universitas London’ , UCL adalah lembaga universitas pertama yang didirikan di London .

Kampus utama UCL terletak di Bloomsbury daerah pusat kota London, dengan sejumlah lembaga dan rumah sakit dan kampus rekanan di Adelaide, Australia dan Doha, Qatar. UCL terdiri dari 11 konstituen fakultas, di mana ada lebih dari 100 departemen, lembaga dan pusat penelitian. Fakultas of Seni and Humaniora, Fakultas Sains Otak, Fakultas Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sains, Fakultas Hukum,Fakultas Sains Terapan,Fakultas Sains Matematik dan Fisika, Fakultas Medis,Fakultas Sains Kesehatan Masyarakat, Fakultas of Sains Sosial dan Sejarah,dan Institusi Edukasi. Beberapa alumni dari UCL adalah Chris Martin, Charli XCX dan Mahatma Gandhi.

London School of Economics and Political Science (LSE)

LSE adalah sebuah universitas riset negeri khusus dalam ilmu sosial terletak di London, Britania Raya, dan perguruan tinggi konstituen dari Universitas London federal. Didirikan pada tahun 1895 oleh anggota Fabian Society Sidney Webb, Beatrice Webb dan George Bernard Shaw, LSE bergabung dengan Universitas London pada tahun 1900 dan pertama kali diterbitkan gelar untuk mahasiswa pada tahun 1902.Meskipun namanya, LSE melakukan pengajaran dan penelitian di berbagai ilmu sosial, serta dalam matematika dan statistik.LSE terletak di Westminster, central London, dekat batas antara Covent Garden dan Holborn di daerah historis dikenal sebagai Pasar Clare. Alumni dari LSE adalah Mick Jagger, Janet Napolitano dan Sümeyye Erdoğan.

Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh adalah universitas publik yang terletak di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Universitas ini didirikan pada tahun 1583.Universitas ini melekat dengan kota Edinburgh. Banyak bangunan di Kota Tua Edinburgh yang merupakan bangunan universitas.Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia. Universitas ini merupakan universitas terbaik ke-6 di Eropa berdasarkan 2011 QS, terbaik ke-7 di Eropa berdasarkan Times Higher Education Ranking,dan merupakan yang terbaik ke-17 di dunia berdasarkan peringkat QS 2015.Mahasiswanya berasal dari UK (64%), EU (11%) dan mahasiswa internasional (25%). Alumni nya adalah Alexander Graham Bell,Gordon Brown,Pippa Middleton,Adam Smith dan J.K. Rowling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *