Negeri gajah putih, itulah julukan yang di sematkan pada negara thailand. Thailand merupakan salah satu negara di kawasan asia tenggara yang terkenal dengan keindahan pulau –pulau dan wisata baharinya. Selain thailand terkenal dengan julukan gajah putih dan gemerlap keindahanribuan pulaunya, ternyata thailand juga memiliki kelebihan dalam sektor pendidikan, yaitu negeri ini memiliki universitas terbaik di negaranya. Thailand masih terbilang cukup dekat dengan indonesia, dari jakarta menuju thailand hanya menempuh perjalanan udara sekitar 3 jam 30 menit an saja. Terdapat banyak mahasiswa yang mengenyam pendidikan lan juga yang melanjutkan pendidikan di negeri gajah putih ini, karena thailand memiliki kekayaan alam dan suasana yang nyaman untuk para mahasiswa belajar disini, selain itu pada saat lburan tiba kita bisa saja berjalan-jalan keliling kota dan menyambangi keindahan pulau dan laut juga pantai yang ada di negara ini. Kira kira apa saja sih universitas yang terbaik di negara ini? Penasaran? Yuk kita ulas satu satu

1. Chulalongkorn University
adalah sebuah universitas penelitian negeri dan otonom di Bangkok, Thailand. Universitas ini pada awalnya didirikan oleh pemerintahan Raja Chulalongkorn sebagai Sekolah Abdi Kerajaan pada tahun 1902 di Istana Raja, Thailand. Sekolah ini kemudian dijadikan sebagai universitas nasional pada tahun 1917, sehingga merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Thailand. Pada masa pemerintahan putra Chulalongkorn, Raja Vajiravudh, Royal Pages School menjadi Kolese Pegawai Negeri Sipil Raja Chulalongkorn. Yayasan Rockefeller berperan penting dalam membantu perguruan tinggi dari segi landasan akademisnya.

Universitas Chulalongkorn adalah sebuah universitas yang bersifat komprehensif dan penelitian intensif. Universitas ini juga digolongkan sebagai universitas terbaik di Thailand dalam berbagai aspek kualitas yang mencakup kualitas universitas itu sendiri, kualitas mahasiswa, kualitas penelitian, kualitas dalam subjek tertentu, reputasi universitas, dan sistem pengelolaan lingkungan. Menurut peringkat universitas dunia QS 2017, Universitas Chulalongkorn menduduki posisi ke-245 di dunia, ke-45 di Asia, pertama di Thailand, dan peringkat ke-201-250 di dunia dalam hal kecakapan bekerja lulusan. Universitas ini juga menduduki peringkat sebagai universitas No.1 di Thailand dari berbagai organisasi seperti Pusat Peringkat Universitas Dunia, Round University Ranking, Peringkat Akademis Universitas Dunia.

Universitas ini terdiri dari 19 fakultas, 3 sekolah, 3 kolese dan 10 institusi penelitian, serta menawarkan pilihan studi yang mencakup bidang termasuk Perdagangan dan Akuntansi, Seni, Kedokteran Gigi, Teknik, Hukum, Ilmu Politik, Ilmu Farmasi, Studi Populasi, dan Ilmu Olahraga.

2. Mahidol University

universitas yang mulanya didirikan sebagai University of Medical Science pada1943 silam ini mampu menampung lebih dari 24 ribu mahasiswa. Hingga kini, Mahidol University  menawarkan tujuh belas fakultas mulai dari Faculty of Engineering, Faculty of Information and Communication Technology, Faculty of Liberal Arts, hingga Faculty of Tropical Medicine. Selain itu, Mahidol juga memiliki enam kolese seperti College of Music, College of Religious Studies, hingga Mahidol University International College. Lima pusat studi seperti National Doping Control Center hingga National Laboratory Animal Center menjadi pelengkap bagi pilihan masasiswa local dan internasional yang ingin menempun pendidikan di Mahidol University . Fakultas kedokteran menjadi yang terbaik dan mampu menempatkan Mahidol University  sebagai runner up universitas terbaik di Thailand sepanjang 2019. QS World University Rangkings 2015 juga bahkan menobatkan Mahidol University sebagai 100 universitas terbaik di dunia untuk bidang kedokteran.

3. Thammasat University

Universitas tertua kedua di Thailand ini resmi menjadi universitas nasional sejak 27 Juni 1934 dimana sebelumnya bernama University of Moral and Political Science Act.Dalam perkembangannya kini, Thammasat University  menawarkan lebih dari 240 program studi yang tersebar di 23 fakultas dan kolese di dua kampus utama dan empat kampus regional di seluruh Thailand dan berhasil menduduki posisi ke tiga QS Asia University Rangkins for Thailand 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *