5 Teknik dalam Bermain Sepak Bola

Bermain Sepak Bola

5 Teknik dalam Bermain Sepak Bola – Sepak bola merupakan jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik dan kemampuan berstrategi. Beberapa di antaranya teknik tackling, dribbling, shooting, passing dan menghentikan bola.Sebanyak 32 tim akan bersaing demi meraih gelar juara ke-22 Piala Dunia Qatar. Dari keseluruhan negara, Brasil menjadi negara yang paling sering meraih trofi bergengsi tersebut.

5 Teknik dalam Bermain Sepak Bola

Teknik Menghentikan Bola

Menghentikan bola bisa dilakukan menggunakan dada, paha dan kaki bagian luar, dalam, telapak serta punggung. Caranya dengan menyetop bola yang menghampiri menggunakan bagian tersebut dan menginjaknya dengan telapak kaki.

Tackling

Tackling adalah teknik yang dilakukan untuk menghalangi Judi Baccarat Online lawan memasuki area pertahanan tim. Adapun 3 jenis teknik yang biasa dilakukan oleh pemain, yakni:

  • Block tackle. Posisi ini dapat menghalangi serangan lawan dalam posisi berhadapan. Tujuannya adalah menghentikan tendangan ke gawang atau operan bola dengan kaki.
  • Poke tackle. Posisinya dilakukan oleh pengejar bola dari sisi samping atau belakang dengan mendorong kaki ke bola. Teknik ini perlu keseimbangan penuh agar tubuh tidak terjatuh setelahnya.
  • Slide tackle. Posisi ini bertujuan untuk merebut bola dari lawan, tapi sangat riskan pelanggaran dan cedera. Caranya dengan cara menjatuhkan badan dalam posisi kaki lurus untuk menendang bola dari lawan.

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik ini bertujuan untuk mengoper bola dan membobol gawang lawan. Ada 3 teknik tendangan yang umum dilakukan, yakni dengan bagian dalam, luar dan punggung kaki. Caranya, fokuskan pandangan pada sisi gawang yang menjadi target, posisikan badan dan ayunkan kaki. Masukkan bola ke dalam gawang di bagian yang sudah menjadi incaran.

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Passing merupakan cara yang efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara passing pendek, panjang (through pass) dan jauh. Caranya, posisikan badan menghadap bola dan fokuskan pandangan pada pemain yang akan menerima operan bola. Kemudian, ayunkan kaki dengan kekuatan yang sesuai dengan jarak pemain.

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik sepak bola ini menjadi salah satu dasar yang wajib kamu dikuasai sebelum menguasai teknik lain. Caranya dengan cara membawa bola menggunakan kaki dan mengontrol laju kecepatannya. Adapun beberapa tekniknya, yakni:

  • Speed dribbling.¬†Teknik dilakukan dengan berlari, membuang bola ke depan dan mengejarnya.
  • Closed dribbling. Teknik dilakukan dengan menggiring dan mengontrol bola saat sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.
  • Menggiring dengan punggung kaki. Teknik dilakukan dengan menendang bola dengan punggung kaki dan hentikan dengan telapak kaki.
  • Menggiring dengan kaki bagian dalam. Teknik dilakukan dengan menendang bola dengan kaki bagian dalam dan hentikan dengan telapak kaki.
  • Menggiring dengan kaki bagian luar. Teknik dilakukan dengan menendang bola dengan kaki bagian luar dan hentikan dengan telapak kaki.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *